Raihlah ilmu sampai akhir hayatmu.

11.52
0

Fitur autocorrect atau auto correction pada Android sebenernya didesain untuk memudahkan para penggunanya khususnya dalam hal pengetikan biar ngga sering salah ngetik alias typo. Namun bagi sebagian para pengguna Android khususnya di Indonesia, fitur ini malah terkesan mengganggu karena bukannya tulisan jadi bener eh malah jadi ambyar.
Ini dikarenakan karena database kata dan penggunaan kata untuk bahasa Indonesia tidak terlalu lengkap pada database Android. Lain cerita kalo kamu tiap hari nulis dan ngetiknya pake Bahasa Inggris, pasti fitur auto correction ini akan sangat membantu karena fitur ini memang didesain untuk Bahasa Inggris yang jadi patokan sebagai Bahasa Internasional.
Dan memang benar jika fitur auto correction ini sangat bagus bagi pengguna berbahasa inggris, bahkan saking membantunya sampai ada lho keyboard
Nah para pengguna Android khususnya para pengguna baru baru, pasti sering menemui pengetikan yang terkadang dibenarkan oleh sistem Android padalah pengetikan kamu sebenernya tidak salah. Lho gimana itu? wong ngga salah kok dibenerin? kan nyebelin to namanya. Berikut ini ada tips cara mematikan fitur autocorrect pada Android.
  1. Masuk ke Menu Setting
  2. Pilih menu Language & Input (Bahasa dan Masukan) yang terletak di sub bagian Personal (personalisasi)
  3. Kemudian pilih menu setting keyboard yang kamu pake (bergambar garis-garis yang ada di sisi kanan) , kalo masih standar dan nggak pake aplikasi keyboard dari pihak ketiga sih namanya Android Keyboard atau Google Keyboard. 
    Mematikan fitur Autocorrect
  4. Pilih menu Auto-Correction yang berada di sub bagian Text Correction, kemudian pilih “OFF”, kalo misal ada opsi Auto Complete, Quick Fix dan lain sebagainya maka di uncentang (uncheck) aja sekalian.
  5. Untuk Opsi Sugestion bisa kamu disable juga nggapapa, karena fitur ini kadang malah jadi menuh-menuhin layar Android. Tapi kalo kamu seneng sih dipake aja juga ngga ada salahnya kok.
Selesai deh, sekarang tulisanmu tidak akan dibenerin sama Android meskipun ngga salah, dih lama-lama Android ini kaya cewe yang selalu mencari kesalahan cowok padahal aslinya ngga salah. :(
Cara mematikan autocorrect tadi berlaku untuk Android Keyboard standar atau Google Keyboard, lha buat yang udah pake keyboard variasi atau aplikasi keyboard yang di download di Play Store tentu menu settingnya akan berbeda. Namun perbedaannya ngga begitu jauh kok, paling ya settingannya di sekitar-sekitar itu aja.

Sumber: Aplikanologi

0 komentar:

Posting Komentar

Site Info